Tuesday 2 April 2013

Pengantar Komputasi Modern : Jenis-Jenis Komputasi



Seiring dengan perkembangan zaman, banyak orang menginginkan dan mencari cara untuk mempermudah pekerjaan mereka. Disinilah letak fungsi komputasi modern. Komputasi modern dapat membantu manusia untuk menyelesaikan masalah-masalah yang kompleks dengan menggunakan komputer sehingga mempermudah pekerjaan manusia. 

Komputasi modern dibagi kedalam tiga bagian yaitu : 
a. Komputasi Mobile (bergerak)
b. Komputasi Grid
c. Komputasi Cloud (awan)

A. Komputasi Mobile
Komputasi Mobile atau Mobile Computing yaitu komputasi bergerak merupakan kemajuan teknologi komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel dan mudah dibawa atau berpindah tempat, tetapi berbeda dengan komputasi nirkabel. Sehingga dapat dipastikan untuk kemajuan kearah yang lebih dinamis yang membutuhkan perubahan dari alat hingga manusia.

Contoh Mobile Computing :
  • GPS
  • Smartphone 

B. Komputasi Grid
Komputasi Grid atau Grid Computing yaitu menggunakan komputer yang terpisah oleh geografis, didistibusikan dan terhubung oleh jaringan untuk menyelasaikan masalah komputasi skala besar.

Ada beberapa daftar yang dapat digunakan untuk mengenali sistem komputasi grid, adalah :
  • Sistem untuk koordinat sumber daya komputasi tidak dibawah kendali pusat
  • Sistem menggunakan standard dan protocol yang terbuka
  • Sistem mencoba mencapai kualitas pelayanan yang canggih, yang lebih baik diatas kualitas komponen individu pelayanan komputasi grid.

C. Komputasi Cloud
Komputasi Cloud atau Cloud Computing yaitu merupakan gaya komputasi yang terukur dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet. Komputasi cloud menggambarkan pelengkap baru, konsumsi dan layanan IT berbasis model dalam internet, dan biasanya melibatkan ketentuan dari keterukuran dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet.

Kesimpulan :
Dari setiap perkembangan teknologi pasti menimbulkan beberapa dampak dari dampak yang baik untuk kehidupan maupun dampak yang merugikan bagi kehidupan. Dampak baik dari adanya komputasi modern adalah dapat membantu manusia untuk menyelesaikan masalah-masalah yang kompleks dengan menggunakan komputer. 

Sedangkan dampak buruk dari komputasi modern itu sendiri adalah bahwa dominasi teknologi akan berlanjut dengan berseminya budaya baru yang melahirkan berbagai nilai baru pula yang cenderung menjadi acuan perilaku manusia modern dalam berbagai pola interaksi dengan sesamanya.

Sekian bahasan tentang jenis-jenis komputasi modern, semoga bermanfaat untuk para pembaca. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment